Web Blog Kena Hacked DR-MTMRD

Beberapa hari yang lalu, sekitar bulan Nopember 2012 salah satu web blog http://www.proficiatpatent.com yang saya kelola kena gangguan Hacked DR-MTMRD. Kaget juga sih,, karena selama saya bergelut didunia online, baru kali ini saya mengalami kejadian seperti ini. Awalnya saya mendapat info dari orang lain yang sedang membuka web blog yang saya kelola, dia bilang web blognya tidak bisa kebuka, tampilannya warna hitam semua dan tertera tulisan besar “Hacked BY DR-MTMRD”.  Saat itu saya sedang dijalan (lagi diluar), hampir tidak percaya mendengar informasi tersebut. Saking penasaran langsung aja saya cek web blognya dari kantor. Eh ternyata emang benar, tampilannya hitam semua, kira-kira tampilannya seperti ini nih :


Hacked by DR-MTMRD

Melihat kejadian ini, langsung aja saya cari obatnya ama mbah google, cari-cari browsing sana sini, solusinya semua berbahasa Inggris, padahal saya tidak begitu mengerti tulisan bahasa Inggris , masih harus belajar lagi. Tapi dengan dibantu translate oleh mbah google akhirnya agak ngerti juga bahasa Inggrisnya. Solusinya adalah coba kontak pihak hosting tempat dimana domain/web blog tersebut disimpan.  Saya langsung kontak pihak hostingnya, melalui help desk /support tickets Hostgator, kebetulan saya menggunakan hosting Hostgator. Pihak Hostgator langsung tanggap, langsung mengecek ke TKP, dan pihak hostgator langsung memproses kerusakan yang terjadi. Setelah menunggu kalo tidak salah kira-kira 1 hari, pihak Hostgator memberikan report detail via email. Web blog saya sudah kembali normal, tampak seperti semula. Alhamdullillah data web blog saya tidak ada yang hilang. Kebetulan semua data web blognya sudah saya back up sebelumnya. Inilah keterangan dari pihak Hosting Hostgator via email :

Inilah terjemahan dari mbah google bagi yang gak ngerti bahasa inggris :

Halo,

Setelah pemeriksaan kami menemukan malware yang memang telah disuntikkan ke akun Anda.

Sebagian besar suntikan yang dilakukan oleh pengguna yang jahat yang telah ditemukan eksploitasi dalam script sebelumnya (dan sah) diinstal pada account. Beberapa juga hasil dari password dikompromikan karena PC yang terinfeksi virus, jadi pastikan untuk memindai setiap komputer yang digunakan untuk mengakses akun ini dengan setidaknya dua anti-virus program. Kami telah mengambil tindakan di bawah untuk mencegah kegiatan lebih berbahaya.

Tampaknya Anda wordpress sandi terserang, baik melalui malware di PC lokal Anda atau password itu brute paksa jika itu sederhana untuk menebak, situs itu diubah melalui dashboard wp-admin.

Hampir seluruh web blog saya yang disimpan dihosting Hostgator terkena rusak, sekitar ada 5 web blog saya yang terinfeksi atau rusak akibat kejadian ini.

Mudah-mudahan dengan disharenya pengalaman saya ini, dapat bermanfaat bagi teman-teman semuanya.

6 thoughts on “Web Blog Kena Hacked DR-MTMRD

Tinggalkan Balasan

